Merawat Anakan Sampai jadi Indukan

April 8, 2009 at 4:04 pm | Posted in CARA BERTANAM DAN PERAWATAN | 5 Comments

Dear aglovers,

Mohon sharing pengalamannya, kira2 butuh berapa waktu ya jika kita rawat anakan aglo 2-3 daun sampai jadi aglo indukan?…

salam

herryk

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Pak Herryk, bila kita start dengan 2 – 3 daun ( akar sekitar 4 – 5 buah ), maka waktu yg di perlukan untuk menjadi indukan, bisa sekitar 6- 7 bulan ( tentunya dengan perawatan yg intensive – tanaman sehat ). ada kalanya beberapa pohon aglaonema dengan 9 daun sudah bisa mengeluarkan jarum diatas media ( Anak pertama ). namun bila untuk menjadi indukan yg mapan, akan emmerlukan perawatan s/d 12 bualan dari awal 2-3 daun tadi. Tanaman seusia ini sudah mampu mengeluarkan anakan 3 s/d 5 anakan. Media yg terlalu kering juga menghambat reproduksi anak ( yg penting media benar-2 poros air ). Tidak perlu banyak teori, pupukpun tidak perlu fanatik merk ttt. Pakai pupuk majemuk dengan NPK merata di berikan 1 minggu sekali juga hasilnya sudah OK. Pada prinsipnya aglo tidak rakus hara, konsentrasi pupuk lebih baik lebih rendah dari aturan yg ada dikemasannya. Yg terakhir, rawat aglonya dengan santai aja ( tidak perlu stress di tungguin perkembangannya, biarkan semua berjalan sebagai mahluk tuhan yg kita rawat dengan baik ).

    Salam,

  2. Dear All

    Di rumah saya pake penutup Policarbonat dan tidak saya tambahin paranet, suhu sekitar kalau siang hari panasnya agak tinggi. Dalam jangka panjang apa ada pengaruhnya ? trus media yang cocok utk kondisi lingkungan seperti itu apa ?

    Salam,
    BIO

  3. Sorry….
    ada tambahan, saya tinggal daerah Sidoarjo JATIM

  4. gmana caranaya melihara aglonema,biar akar gk cpet busuk…??
    dbls.

  5. Pengalaman saya, untuk menjaga akar tetap sehat dan tidak busuk, usahakan media yang digunakan porus. Untuk menguji porus tidaknya saya pakai cara sederhana, perhatikan pada saat menyiram, volume air yang keluar dari pot kira2 80-90 persen dari banyaknya air yang kita siram. Juga bisa dibantu dg mengkombinasikan penggunaan media yang tidak menyebabkan air siraman tergenang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: