Jadwal Penyiraman

February 23, 2009 at 12:01 pm | Posted in CARA BERTANAM DAN PERAWATAN | 22 Comments
Tags:

Jadwal Penyiraman

Saudara2ku,
ada yang tau cara penyiraman yang benar pada aglo dengan media yang berbeda? Misalnya; media pakis harus tiap hari, media campuran pupuk kandang harus 3 hari sekali, media pasir malang 2 hari sekali dlsb.
Bisa tolong di share kalau ada yang tau informasinya?

Trims sebelumnya.

Andy G.

22 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Sharing dr nubi nih pak Andy,

    Saya pakai 2 jenis media

    1.Media breeding (rajin nyiram dan mupuk)

    Sekam bakar+Pasir Malang+dolomit+pupuk slow release
    Sekam bakar+Pasir malang (2:1) diayak pakai kawat nyamuk di ambil yg kasar
    penyiraman : tiap hari sampai ngocor dan basah…basah…basah

    Paranet 65% atas-samping, angin banyak

    2.Media santai (bisa nyambi ngurusi puun yg lain atau sambil ngawinin puun yg lain)

    Andam+pakis kasar+sekam mentah dikit+pasir malang dikit+dolomit+humus+pupuk slow release
    perbandingan media kira2 dan feeling

    penyiraman : 2-4 hari sekali tergantung cuaca

    note: semua samping pot di beri tambahan bolongan,biar akar dapat udara tambahan

    mungkin ada rekan2 yg lain mau menambahakan

    Salam

    A.H

  2. Thank you pak Andrianto sharingnya,
    tp kalau beli media yang udah jadi dari tukang tanaman gimna?? Campurannya khan dah selesai…., tinggal pindahin ke pot baru.
    Saya lagi coba untuk jaga supaya akarnya jangan busuk melulu.

    Salam,

    Andy G

  3. Coba bantu nih om andy, masalah penyiraman kadang emang repot.keseringan nyiram akar busuk bonggol lonyot, jarang nyiram akar kering. Sebenarnya macam2 media ngak jadi masalah asal kita bisa menjaga kelembaban media dan soal penyiraman kadang saya sebelum melakukan penyiram saya coba cek medianya dulu (karena medianya seragam jadi gak begitu repot ngecek), kadang bagian atasnya kering tapi bawahnya masih basah atau lembab.kalo bagian bawahnya masih lembab cukup dispray aja dan untuk pemupukan jangan terlalu sering, kalo terlalu sering media jadi cepat asam yang menyebabkan akar jadi cepat busuk pula. Kalo ragu jgn ditiru salam,rachmad31

  4. Om Andy, bisa coba belajar buat media sendiri. Keuntungannya, kita bisa sesuaikan campuran media dengan kondisi lingkungan di kandang dan frekuensi penyiramannya. Saya telah japri file hasil dokumentasi email milis dari Om Dody tentang media.
    Atau buat media fermentasi. Silahkan kontak Mas Faries atau cek email2 sebelumnya tentang cara membuat media fermentasi.
    Untuk sementara, bisa lakukan seperti yg ditulis oleh Om Ipoet. Untuk ngecek kondisi media di bagian bawah, masukan aja jari ke dalam media. Kalau terasa masih basah/ lembab, tunda penyiramannya

    Salam,
    El Randy N.

  5. Oh iya.. saran buat yang mau bikin media aglao…

    jangan make pakis lagi yaaaaaa…..

    terbukti dengan memakai pakis, kita berkontribusi terhadap kepunahan spesies2 pakis pohon di hutan, dan pakis banyak menjadi sarang dari segala jenis hama dan penyakit

  6. Janji nggak pake pakis lagi dgn satu syarat : kirimin media ex pengasinan…. GRATIS😉

    Salam,
    El Randy N.

  7. Wah …..kalo yg udah terlanjur gimana om,soalnya sayang baru ganti medianya. Komposisi media yg ay gunakan sekam bakar 1pot,pakis halus 1/4pot, pasir malang 1/4pot dan kompos 1/4pot .media diaduk2 jadi satu lalu dijemur ampe kering. takerannya memakai pot ukuran 20.tempo hari sebelum ngeracik media coba beli andam di amelia nursery lbk.bulus ternyata habis, kata nyang jual ada nyang mborong (apa diborong ama orang AI neh) terpaksa pake pakis lageeeee

  8. ngga mas….
    sekarang ane lagi nyoba groflast biru ( isinya mungkin cocopeat + kompos ) untuk aglaonema dan adenium, yang tak amati sebulan ini sih baik-baik ajah, semoga ngga terkecoh dengan penampilan aglao yg cantik…

    salam
    &

  9. Om Dodi,klo liat di brosurnya groflast itu kan coco peat yg udah fermented berarti siap pakai ya?

    Salam

    henri wijaya

  10. Siap Kang Faris,

    cumak berhubung dirumah masih ada stock 8 karung pakis, ya mau gak mau beberapa bulan kedepan masih pakai untuk ngabisin stock dah itu aku janji pramuka untuk gak pake lagi, hehehe…..

    Salam,
    Indra-Gunawan

  11. Om HW, kaluk ga salah bungkusnya bermacam-macam warna.
    yang warna pink ntu kaluk ga salah cocopeat murni.
    yang warna biru ntu media tanam ( cocopeat + kompos ).
    saya pakai yang biru.. soalnya dipake di adeniumpun masih aman (dapat testimoni dari om hartono taiwanesserelease.com)
    kalau di surabaya mungkin bisa beli di om agus hijanto – dunia pot.

    salam
    dody

  12. Saya bingung juga,
    kok pada seneng pake pakis ??
    saya dapat kiriman dari teman2 milis maupun BK 100% ada pakisnya.
    Sorry mas Faries belum pernah ngirimin saya sih.

    Padahal menurut saya sih mendingan cacahan bambu, adam atau kaliandra.
    campurannya sekam bakar dan humus.
    Mau yg fermentasi juga lebih OK.
    Nyiram 3 hari sampai seminggu sekali OK

    Kalau pakis 2 hari saja sudah kering, belum lagi pakis ruwet di akar susah mbersihin waktu pisah anak , repot menurut saya yg malas.
    tapi nggak tau lah, namanya juga hobi, temen kita di anthu malah hoby 100% akar pakis.
    Mungkin temen kita yg di aglo-pun masih ada yg 100% pakis, terutama yg hobi sirsm siram.

    Tapi sementara ini media saya juga campur pakis, sayang media dari temen2 nggak dimanfaatin, he he he
    Intinya mau nggak pake pakis tapi sayang kalau nggak dimanfaatin.
    Ya udah pake aja selama nggak beli aja.
    Boleh khan om Faries.
    Eh om faries hormonnya sangat cocok sama media mayoritas humus.
    contoh di attach.

    Salam

    Indra N Bks

  13. pakenya disemprot apa disiram mas indra? perbandingannya berapa ?
    yg saya punya belum dipakai, masih diperbanyak… tiap minggu ditambahin air kelapa & gula..

  14. Saya orangnya males Om,
    jadi campurin saja saat fermentasi.

    siram pake air bersih aja tiap minggu.

    Salam

    Indra N Bks

  15. Thank you om Ipoet infonya. Sekarang sih cara saya cek nya pake tusuk sate. Media nya ditusuk terus diliat apakah media dalamnya masih basah atau dah kering.

    Salam,

    Andy G. IC 349

  16. Wah hormonnya cocok ya… beli lagi donk kalo gitu hehehehehe

  17. Yah gimana mau beli,
    salahnya om Faries sih ngasih tahu cara perbanyakannya, jadi kalau stock pasti banyak he he he.
    Besok kalau memang jualan dipatenin saja boss, biar pembajak seperti saya nggak menggandakan.
    Tuh boss satunya lagi malah dah punya ber jrigen2 hormon bajakan ( hello Om Dod udah bayar royalty belum ???) he he he

    Salam pembajak hormon

    Indra N

  18. hahahahahahhaha.. alhamduliLlah, berarti investasi saya berjalan lancar, ntar tinggal ambil bagian devidennya di akhirat cihuyyyy…. good work om.. saya happy klo ada temen yang berhasil

  19. Kalo Om Dody sebagian untuk diteguk, campur sari dengan edi tanisil. Kata beliau, tokcer untuk obat kuat😉

    Salam,
    El Randy N.

    @Om Dody, sdh sempet ngeliat aglo kontainer mgg lalu😉

  20. Just passing by.Btw, you website have great content!

    ______________________________
    Don’t pay for your electricity any longer…
    Instead, the power company will pay YOU!

  21. Dear All.
    Perkenalkan saya Iche, newbie
    Saya pendatang baru nih, mau nanya media aglo saya pake itu sekam instan milik trubus(++pupuk). Aglo saya letakin di taman belakang dengan paranet atas 60%, yg mau ditanya… kalo ujan gmana? perlu diangkatin apa ga? kalo dr tempat saya beli atau di nursery2 lainnya saya perhatiin hanya diletakin di bawah paranet aja dan cantik2 aja tuh aglo nya, cuman saya takut busuk akarnya euy,karena skrg kan masi musim hujan, hari ini hujan besoknya hujan lg, padahal media masih lembab. mohon tanggapannya ya.. thanks.

  22. Om Andy

    Sekarang saya lagi coba larutan BIOZON, menurut Om Andy kalau larutan itu dipake seminggu sekali dan agak lama, apa ada efek sampingnya.
    Dari brosurnya sih katanya akar cepet tumbuh.

    Trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: