Tembakau sebagai media

December 10, 2008 at 3:48 pm | Posted in MEDIA TANAM | 2 Comments
Tags:

Tembakau sebagai media

& rekans,
kemarin sewaktu membongkar media salah satu tanaman di rumah, mata ini
jadi terbelalak melihat banyaknya kutu putih (root mealy bug) di sekitar
akar (untung bukan tanamannya aglo, hehe…).

Lalu jadi teringat tips dari om Faries tentang tembakau sebagai
insektisida organik. Kemudian ada sedikit konsleting di kepala ini jadi
kepikiran gimana kalo tembakau digunakan saja sebagai campuran media,
supaya kutu2nya kapok balik lagi.

Pertanyaannya adakah di antara prens2 yang sudah pernah mencoba atau
membaca referensi di buku? Baik atau buruk kah? Kelebihan &
kekurangannya apa saja ya?

Bagaimana juga seandainya untuk mencegah jamur yang mengakibatkan busuk
akar, digunakan daun sirih yang sudah dikeringkan sebagai campuran
media? Bisa sik asik tidur tenang tak iye cak? he he..

Salam mbako,
C.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau media tanam 100 prsen pakai tembakau kok kayaknya masih belum pernah lihat ya pak. Kalau untuk sekedar campuran, mungkin masih bisa diaplikasikan. Salam

  2. Pemakaian tembakau sebagai media belum pernah saya coba, tapi gini gampangnya, apapun medianya saya yakin aglo gak akan mati, asalkan beberapa syarat hidup minimalnya dipenuhi.

    Syaratnya apa? Menurut pengalaman saya selama ini aglo itu gak neko2.. perawatannya paling gampang, mau perbanyak juga paling gampang. Asalkan dia cukup AIR pasti tumbuh ( untuk yang berdaun ya.. kalau bonggolan tanpa daun beda lagi )

    Karena pengalaman saya (belum tentu benar) media seperti, tanah, sekam, angdam, pakis, pasir malang, pasir bangunan, kaliandra, gel, batu kerikil, batu split, batu bata sudah saya pernah coba, hasilnya gak ada yang mati tuh..

    Jadi jangan takut bereksperimen🙂 yang belum pernah saya coba nanam aglo dengan air sop.. mungkin ada yang mau coba?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: