Kutu putih & Ulat Daun

December 10, 2008 at 3:50 pm | Posted in HAMA dan PENYAKIT | 4 Comments
Tags:

Kutu putih & Ulat Daun

Rekan-rekan,
Mohon petunjuk untuk kutu putih di daun dan di dalam media serta ulat daun dapat di basmi pake apa ?
terima kasih atas petunjuknya.

Salam AI,
M. Aries

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau pengalaman saya dan merujuk dari daftar obat Deptan 2006, saya percayakan masalah kutu putih itu menggunakan AKOTHION 400EC, Akothion ini berbahan aktif Akothion 400 EC berbahan aktif : metidation :400 g/l. Untuk lengkapnya silahkan klik di link ini : http://fai-kao.com/2008/06/17/tips_ii_penanganan_serangan_hama_kutu_putih

    Dan hasilnya selama ini berhasil membansmi kutu putih. Ma’af lho ini bukan promosikan barang, saya hanya share saja….
    terima kasih
    salam
    dede

  2. Pak M. Aries, Kutu putih memang sangat menjengkelkan, karena relatif sulit dibasmi dengan tuntas, hal ini disebabkan kutu putih mempunyai semacam lapisan lilin sebagai perisainya. Untuk menumpasnya, kita perlu menghilangkan lapisan lilin tersebut, yaitu menggunakan cairan pencuci piring (detergen cair) yang dicairkan. Dosis yang saya pakai adalah satu sendok teh sabun, dicairkan dengan 1 L air, lalu disemprotkan. Setelah disemprot dengan larutan detergen, baru disemprot dengan insektisida. Pengalaman saya pada aglo, setelah saya semprot dengan cairan sabun, itu kutu putih sudah pada KO tuh. Untuk informasi pemberantasan hama dan penyakit tanaman hias, silahkan kunjungi : http://emirgarden.com/2008/08/hama-tanaman-hias.html terima kasih.

  3. Kutu putih biasanya menyerang aglo kesayangan kita kalau di musim panas, jadi trigger utama yang menjadi penyebabnya adalah udara panas.

    Ada bnyk alternatif untuk menumpas kutu putih ini. Kalau masih sedikit kita bisa melenyapkan kutu putih ini dengan tangan atau dgn menggunakan cotton bud, tapi kalau sudah banyak biasanya kita harus mengeluarkan uang untuk membeli insektisida. Kisaran harga insektisida antara 20 ribu sampai 70 ribu. Nah ada alternatif lain gak?

    Menurut pengalaman saya ( belum tentu benar ) setiap kali ada kutu putih yang menghampiri saya selalu merendam sisa rokok yang telah dihisap (jangan yang baru.. karena yang baru masih bisa dihisap dan rata2 satu batang rokok 500-1000 rupiah.. jadi sayang lah)..

    Setelah 10 menit direndam di dalam air, biasanya rokok bekas tersebut akan hancur, nah yang dipakai untuk melenyapkan si kutu putih itu adalah air dari rendaman rokok bekas tadi.

    Perawatan ini dilakukan atas dasar penghematan biaya dan mengoptimalkan barang2 yang tersisa. Semoga bermanfaat..

  4. wah..ok banget nih tipsnya…terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: