SayA TeRkecOh pEnamPiLan aGLo YaNg seGaR

November 19, 2008 at 12:48 am | Posted in CARA BERTANAM DAN PERAWATAN, HAMA dan PENYAKIT | 11 Comments
SayA TeRkecOh pEnamPiLan aGLo YaNg seGaR
Ibu. Yenyen Yanuati

Rekans,

Bukan bermaksud menggurui, saya hanya ingin berbagi pengalaman saya minggu lalu yang mudah2an tidak dialami oleh rekan2 lain. Sengaja saya pilih topik diatas, karena saya memang terkecoh oleh penampilan aglo2 yang tampak luarnya segar….tapi keropos didalam.

Mula2 saya curiga LV saya tidak bertambah daun ,,,,,rasanya sejak sebulan terakhir.
Ketika saya sentuh batangnya…batang goyang jaipongan.
Saya tarik perlahan keatas…lolos…akar sudah busuk , batang pun sudah gunawan (gundul menawan).
Padahal daun tetap segar, pink asli …tidak kuning atau kekuningan seperti layaknya aglo yang kena serangan bakteri.

Saya semakin curiga karena saya lihat Ruby Thai saya agak doyong kekiri. Saya sentuh batangnya….jaipongan juga…batang saya tarik keatas….tidak lolos….tapi terasa cengkramannya agak longgar dibawah.

Lalu saya check secara random tetangga2nya dan mulai panik karena ada 1..2..3..4…5..6…dstnya yang berjaipongan ria juga.
Pada akhirnya …dalam 2 hari saya harus membongkar lebih dari 40 pot,….24 pot bermasalah. Akar busuk dan beberapa yang batangnya sudah MULAI busuk dari bawah atau dari tengah2 batang.

Kenapa aglo masih tumbuh normal ?….ada beberapa lembar akar baru yang tumbuh dibagian atas batang yang terpendam. Sementara pembusukan terus berlangsung dari bawah. Tinggal menunggu waktu bagi sang aglo untuk tergelimpang mencium media.

Apa yang saya lakukan ?
1. cuci batang dan akar (kalau masih ada) sampai bersih…sih…dari media (kalau perlu disikat…hehehehe)
2. buang akar busuk dan batang busuk
3. periksa dengan teliti kondisi batang…apa ada tanda2 coklat (sering ditengah sudah ada lubang). Kalau ada (walaupun hanya setitik) lebih baik potong beberapa cm diatasnya (terkadang saya hanya tinggalkan 1cm dari pelepah daun terbawah, tanpa akar)
4. rendam aglo sak daun2nya dalam larutan bactocyn + B1 selama 1 jam.
5. kering anginkan (jangan dijemur), kalau perlu pakai kipas angin.
6. baru ditanam di media baru.

Catatan:
a. Kalau media sangat kering, siram dengan sedikit larutan perendam agar lembab.
b. Untuk pohon yang gundul tanpa akar, ditanam di coco peat lalu siram campuran B1+atonik.
c. Karena stock cocopeat saya sedikit, sebagian saya rendam batangnya di erecto.

7. Taruh pot ditempat yang teduh
8. Siram air keesokan harinya (kecuali yang ditanam di coco peat)
9. hari ke 4 – semprot larutan LT akar + B1 (kecuali yang ditanam di coco peat)
10. Semprot B1 setiap 3 hari sekali.

Alhamdulillah, sampai hari ini tidak ada yang RIP.
Yang masih berakar sudah segar dan mejeng lagi di rak..
Yang tanpa akar mulai segar walaupun ada beberapa pohon yang tadinya rimbun harus kehilangan 2-3 daun terbawah.
Yang direndam Erecto tetap segar tanpa kehilangan daun.

Sebagai tindakan preventive, aglo2 yang sehat saya siram larutan perendam sementara menunggu giliran diganti medianya.

Mudah2an bermanfaat….niru perkataan pak HB….Kalau tidak cocok jangan ditiru.

Salam, Yenni

NB: apa yang saya lakukan diatas adalah saran2 Danish Lee yang saya gabungkan dengan saran2 dari beberapa teman (bukan anggota milis). Danish…terimakasih banyak !!!

11 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Salam kenal dulu buat Bu Yenyen,tips nya sangat berguna sekali untuk membantu para pemula yg masih belum tau cara mengobati aglaonema yg busuk akar/bonggol. Thks.

  2. Mbak Yenyen,

    kalau direndam di erecto saja apakah masih bisa diselamatkan nasib Aglonya??

    Salam
    Andy

  3. Juragan bintaro sektor 2 mulai bersuara, wkkk bravo teh yeny. Sy yg waktu itu maen ke belakang rumah beliau terbengong2 dg koleksi2 Thai beliau, lbh terbengong2 lagi waktu liat ruang ICU beliau, bener2 edun cara beliau ngrawat aglao sekarat komplikasi koma

  4. Kolonel, sempet foto ruang ICU nya nggak? ‘Cakepan’ mana dgn ruang ICU yg ini…….😉
    Ngambil dari milis sebelah, judulnya juga sama ‘Ruang ICU’

    Salam,
    El Randy N.

  5. Lho mas Randy….dapet foto ruang ICU saya darimana ? Memang itu koq ICU nya……
    Salam, Yenni

  6. Makasih untuk sharingnya teh Yenni…..
    Besok emailnya tak print di ktr biar weekend bs di praktekkan…. Insyaallah bisa selamat yaa…

    Regards

  7. Teh Yeyen..terima kasih banyak atas sharingnya yang sangat bermanfaat…Wah bikin deg-degan aku..nanti tak cek ah aglao-2ku tak goyang-goyangin juga…..mudah-2an mereka pada gak suka jaipongan…..

    Teh Yeyen… mas Indra Ciledug gak gundul tuh…he..he…

    salamkenal
    adji

  8. Aglaovers,

    Metode Neng Yenyen untuk mendeteksi kerusakan bonggol sama seperti yang saya lakukan. Apabila ada Aglao yang mencurigakan, misalnya tidak tumbuh daun baru atau daun baru mengecil tanpa sebab (misalnya mengeluarkan bunga), maka saya biasa mencoba menggoyangkan pangkal batang dekat media. Kalau bisa digoyang (bhs. Jawa = oglak-aglik), maka hampir bisa dipastikan bonggol bawah dan/atau akar terganggu.

    Salam AI,

    Henry Biantoro

  9. Saya tambahkan dikit bahasa aglaonema Senior…
    Dari pengalaman saya, jika ada salah satu daun bawah agak letoy pada cuaca yang tidak ekstreem panas, sudah dapat dipastikan ada masalah. Kalo ini harus hapal posisi2 daun yang seharusnya. Kebetulan saya nengok ratu koleksi setiap jam 19 malam ke atas. Jadi semestinya jika sehat gak ada daun yang letoy.
    Pada tanaman yang gak sehat, daun lebih lemas jika disentuh.
    Warna memudar menandakan serangan sudah parah.
    Tetap waspada di musim penghujan. Meski serangan kutu putih berkurang,

    Salamwaspada

    Moes

  10. Juragan bintaro sektor 2 mulai bersuara, wkkk bravo teh yeny. Sy yg waktu itu
    maen ke belakang rumah beliau terbengong2 dg koleksi2 Thai beliau, lbh
    terbengong2 lagi waktu liat ruang ICU beliau, bener2 edun cara beliau ngrawat
    aglao sekarat komplikasi koma

  11. Ternyata….aku juga terkecoh..hiks.. hua..hua..he..he..sebel tenan…

    Untung baru baca pencerahan teh Yeyen….makasih teh…tak coba resepnya…mudah-2 slamet

    salamsebel
    adji


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

