Selingan diskusi : RATING para juara

August 20, 2008 at 1:40 pm | Posted in ARTIKEL & DISKUSI, KONTES AGLAONEMA | Leave a comment
Tags:

Selingan diskusi : RATING para juara
oleh Bpk. Ganggeng Kanyoet, Yogya

Sambil nunggu banyak komen menyangkut topik kriteria juara dari rekan2 milis, ada ide lain melintas. Ilham berasal dari rencana temen2nya mr. Tomo di indoadenium dengan ‘grand champion’ (sudah terlaksana belum ya ?). Lomba adenium berseri, dimana (kaluk ndak salah) adenium yang sering menang lomba dinobatkan sebagai ‘juaranya juara’ dengan nilai tertinggi.

Seperti kesepakatan semula, tujuan lomba aglao adalah memberi penghargaan ‘perawat’ terbaik. Yang dianugerahi juara adalah sang perawat bukan aglaonya. Lantas bagaimana seandainya kepada sang perawat juga sekaligus diberi NILAI bukan sekedar piagam ?. Dari nilai2 yang dikumpulkan, bisa dibuat suatu RATING atau RANKING perawat. Harapannya nilai tersebut akan menggambarkan KAPASITAS sang perawat. Makin sering menang lomba makin keliat bahwa menangnya bukan kebetulan. Baru sekali menang lomba (meski itu internasional) bukan berarti lalu jadi ‘master yoda’. Padahal bisa jadi sat itu karena masalah ‘kebetulan’ atau lawannya memang ndak level.
Setelah mr. Dhidhie ‘mengadopsi’ penilaian di anggrek, saya usul sistem RATING di aglao bisa niru sistem ELO rating olahraga catur. Kelak misal siapa2 yang punya rating di atas 2000 bisa disebut MASTER, nilai rating di atas 2400 disebut GRAND MASTER, di atas 2600 disebut SUPER GRAND MASTER (sudah kebayang bisa nyebut Mr. Oy dengan sebutan SUPER GRAND MASTER Aglaonema).

Tinggi rendahnya rating seseorang ditentukan oleh seringnya berperan serta dalam lomba, banyaknya juara lomba yang diraih, nilai dari lawan2 yang dikalahkan, kelas lomba yang diikuti. Nilai rating seseorang bisa naik bisa turun setiap waktu, bila jarang ikut lomba, jarang menang, menang lomba tapi tidak di levelnya, etc, etc ……. Ngaku jagoan kok nilai rating aja ndak punya apa ndak malu? Pasti belum pernah lomba ya ?.
Bila tertarik mari diskusi. Cubak baca2 http://en.wikipedia.org/wiki/Elo_rating_system dulu biar gampang nyambung dan tidak berasa ‘njlimet’ diskusinya. Bagi ‘keluarga2 lain’ yang ada di milis aglaonema@yahoogroups.com kami undang untuk berdiskusi. Bila COCOK, monggo pakai saja hasil diskusi ini. Manfaat yang sudah terbayang adalah : makin menambah keinginan seseorang untuk berlomba. Alasannya ? Nanti kalau diskusi sudah dimulai akan ketahuan betapa menariknya sistem ini. Seandainya tidak ingin turut serta berdiskusi juga ndak masalah kalaupun nantinya akan mengggunakan hasil diskusi kami. Coz ini sejalan visi dan misi milis yang hendak menggairahkan dunia aglao, tanpa pandang bulu dari kelompok mana berasal ……
Partispasi rekan2 yang seneng ‘statistik’ dan tahu seluk beluk penilaian di PERCASI atau FIDE sangat diharapkan. Mr. Windarji, Mr. Anas, Mr. Dian, Mr. Oy etc, etc mohon siap2 ditanyain cerita sejarah jalannya lomba, mohon bantuannya ……

Ganggeng Kanyoet
Saatnya kita sumbangkan KECERDASAN kita untuk aglao

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: