Form Penjurian 1 : Perbandingan

August 20, 2008 at 2:12 pm | Posted in ARTIKEL & DISKUSI, KONTES AGLAONEMA | Leave a comment
Tags: ,

Form Penjurian (Perbandingan)
oleh Bpk Destika Cahyana, Jakarta

Buat rekan-rekan…

Memenuhi janji saya–untuk berkomentar–soal penjurian aglaonema, berikut ini beberapa form penjurian yang biasa dipakai. Soal wacana penjurian–terutama pendapat dari Pak GK dan Pak Dian–saya pikir sudah sangat representatif untuk dipakai acuan oleh para hobiis.

Berikut form yang biasa dipakai Trubus: (bobot penilaian dan komponen yang dinilai biasanya didiskusikan kembali saat briefing juri sehingga bersifat draft. Karena itu kontes bulan ini dan bulan berikutnya bisa jadi bobot penilaian berubah. Misal, kelangkaan yang tertulis 10%, bisa jadi saat briefing berubah menjadi 5%. Atau malah sama sekali tidak ada alias 0%). Trubus memilih memakai kata DRAFT karena seringkali memakai juri dari beberapa komunitas yang berbeda. Biasanya setiap komunitas punya form sendiri yang berbeda. Sehingga butuh persamaan persepsi sebelum penjurian.

Form penjurian beberapa komunitas lain pada prinsipnya sama dengan draft Trubus yang pernah diposting. Pengisian bobot nilai pun biasanya dibriefing dibahas kembali. Misal, ada tim juri yang memakai kisaran nilai 0–100, lalu panitia yang menghitung dengan dikalikan sesuai bobot masing-masing. Misal, kesan pertama nilai 80, maka dikalikan dengan 30%, hasilnya 24. Namun, ada pula yang memakai kisaran berdasarkan bobot nilai. Misal, kesan pertama 30%, maka juri langsung menilai dengan kisaran 0-30. Bila 20%, maka juri menilai dengan kisaran 0-20. Sampai pada tahapan ini, saya pikir, masih persoalan teknis dan tak perlu perdebatan panjang.

Namun, ada form penjurian–karya teman saya yang sedikit banyak mengadopsi dari adenium–yang menurut saya pribadi (silahkan dibahas karena memang belum sempurna) jauh lebih enak dipakai bagi tanaman hias daun. Baik itu aglaonema, anthurium, philodendron, bahkan sansevieria. Biasanya form ini saya pakai bila semua tim juri sepakat menggunakan form ini, misalnya saat saya menjuri di Bangka, beberapa minggu lalu.

Berikut form penjurian tersebut:

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: