Pengaruh Lubang Pot terhadap Pertumbuhan

August 13, 2008 at 3:34 pm | Posted in MEDIA TANAM | 7 Comments

Pengaruh Lubang Pot terhadap Pertumbuhan

rekans,
saya mau sedikit tanya dan berbagi pengalaman. ada gak yach pengaruh lubang pot sama pertumbuhan aglo ?
Karena kira2 5 bulan yg lalu saya repoting red majesty, trus saya lihat ada perabotan dapur ngganggur ( yg biasa buat tempat sayuran mentah) alias semacam saringan. saya coba2 dijadiin pot aglo, ternyata kedepannya pertumbuhan daunnya kok lebih besar daripada yang pot biasa.Padahal media,pupuk sama saja alias saya pukul rata( gak mau repot) sayangnya sebagai pembandingnya dah jalan2. Hampir semua media tanam saya pakai campuran tanah, tapi cuma dikira2 aja perbandingannya. Sekarang saya lagi mau coba untuk tiara dan widuri. Mohon masukan dari para pakar dan rekans semua.

salam saringan

Sony

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mr. Sony

    Boleh dikata beberapa orang bisa sukses dengan cara itu, meski sebenarnya sulit dikomentari kaluk data cumak dari satu pot. Saya punya conto di ujung ekstrem yang lain tentang pilihan pot aglao.

    Salah satu rekan yang ndak kuat beli ‘pot’ (seperti umumnya pot aglo), memaksa tiara2 miliknya ditaruk dalam ‘polybag’ (liat gambar). Kuat beli tiara tapi ndak kuat beli pot nya …… ho ho ho ho. Sebagai pecinta aglao, saya protes keras pada beliau – kenapa hokeri ditaruk di pot, tiara malah di polybag (lebih ngeri lagi kaluk liat polybag aglao di bawah rak).

    Tinjauan estetika maupun jumlah lubang, jelas polybag ndak dapat disebut memenuhi syarat. Mengapa beliau berani pakai polybag ? Bahkan dalam rangka menumbuhkan anak (stek ala Mr. Moes dan Mr. AH). Sukses lagi. Padahal aglao yang dikondisikan demikian, tentu lebih rentan dari gangguan lingkungan yang jelek.

    Pertanyaannya : bisakah disimpulkan bahwa polybag cocok untuk aglao? Sejauh mana pot berpengaruh bagi aglao ?

    Life is amazing if only we could ever figure it all out … ho ho ho. Sayang … there is often not one simple answer!

    Ganggeng Kanyoet

    Media polybag sekam, coco, pakis dioplos sedemikian rupa sehingga porositas aerasi = 40 %

  2. Ada yang pernah lihat nggak dipasaran botol plastik Aqua/Fanta/Coke itu berukuran 3ltr – 6ltr. Atau botol plastik minuman sejenislah.
    Pengin trial mengganti pot rigid (spt merk Claris/Global/Greenleaf sekarang ini) dgn pot yang lebih flexible tapi tidak selemes polybag.

    Maunya supaya bisa mengurut-ngurut media tanam, memudahkan akses udara segar masuk ke media tanam (seperti keunggulan polybag selama ini), tapi tetap tidak terlalu mempengaruhi posisi perakaran.

    Sepertinya bisa membantu percepatan pertumbuhan akar & tunas…sekaligus menyehatkan akar-akar…

    Lha manusia saja “akar” nya suka diurut-urut tak iya?
    Masak aglo akarnya gak boleh diurut-urut…
    hehehehehehe

    Best regards,
    Oni C. Andoko

  3. Mr.GK ,

    “Media polybag sekam, coco, pakis dioplos sedemikian rupa sehingga porositas aerasi = 40 %”

    Saya sama sekali masih nggak ngeh cara ngitung porositas aerasi yang sering di bahas dimilis,
    yang mau saya tanya dapetnya angka 40% hitungannya dari mana ya Mr..?
    Ada ga ya standar urutan porositas aerasi dari material yang biasa digunakan buat media tanam,
    misalnya :sekam, pakis, pasir malang dll, dkk,dsbg….
    ato kalo ga ada standard besaran nilainya bisa ga minta tolong diurutkan dari yg porositasnya tinggi ke yang rendah
    biar kalo nyampur2 ga salah,..
    Saya pernah nemui beberapa pot taneman(media pakis dan sekam) dirumah 2/3 kebawah menjadi seperti bubuk halus
    dan akarnya kempes agak kering (bukan busuk) apakah ini karena pengaruh porositas (krn yg mengalami seperti ini hanya yg dari pot keramik)
    mohon pencerahannya.

    salam
    don’z

  4. setau ane botol aqua -fanta coke yg regular ntu paling 1,5 liter
    ada juga botol aqua yg besar, 20 liter….
    yg 5 liter ntu bangsanya galon minyak goreng atau oli pelumas….

  5. wah pemilik tiara pada miris, tapi betul Pak GK, menghemat biaya pot plastik/keramik, harga tiara bisa ditekan, polibag kan beli kiloan dapat buanyak, yang penting sukses memperbanyak dan laku jual tetap “harga tiara” bukan “harga tanaman polibag kacangan”
    sangat inspiratif, membuka wawasan, lain daripada yang lain, berani nyentrik, terobosan baru tanpa ragu …

    salam
    stesuba

  6. Aglaoholic

    Menarik, saya belum berani menyimpulkan, perkiraan saya sementara karena aerasi medianya menjadi baik dan supply oksigen yang cukup dan porositas tanahnya yang terjaga…saya jadi ingin mencobanya pak.

    Salam

    Dian Wikanto

  7. dear aglaomania
    saya adlh pemain pemula di aglao, menurut saya lubang pot yg banyak sangat dimungkinkan untuk memberikan ruang sirkulasi udara dan larinya air dr media jika kebetulan media salah komposisinya dan kebetulan sy juga gunakan pot yg berlubang banyak sekalipun harus melubangi sendiri … hehehehe …
    salam

    Jusman Arifin


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

