Tanggapan Atas Mr. Greg, dengan segala hormat …….

January 24, 2008 at 11:26 am | Posted in OPINI | Leave a comment

Tanggapan Atas Mr. Greg, dengan segala hormat …….
oleh Bpk M. Faza Rosyada

Nuwun sewu, Pak Ganggeng…
Karena ada nama saya dalam tulisan Bapak, nggak afdol rasanya kalau nggak nambahin keterangan..
Memang benar bahwa Pak Greg dulu menyarankan strategi tembak ke segala arah, namun strategi ini adalah “meniru” cara Thailand (seingat saya dulu saya tulis dalam email saya)..
Menurut beliau, buat yang baru belajar.. udah jadi aja bagus dan bisa memotivasi untuk yang berikutnya..
(nggak kayak saya ini, nyoba2 dan gagal, terus frustrasi.. akhirnya cari kambing hitam alasannya karena indukan nggak banyak.. hahaha..)
Kalau Pak Greg sendiri karena beliau sudah “mumpuni” dalam silang menyilang (sebelum menyilangkan aglao, beliau juga menyilangkan philo, caladium, salak, palem, durian dan jangan lupa.. anthurium), tahu juga ilmu genetika maka cara yang beliau pakai bukan cara itu tapi memilih lebih dahulu indukan yang bisa menghasilkan silangan yang bagus baru dicoba untuk disilangkan..
Makanya ada ciri khas silangan2 beliau yang berbeda bila dibandingkan dengan silangan2 Thai..

Mengenai harga anthurium, terus terang saya “cukup shock” dengan melonjaknya harga anthurium..
Hal ini karena sebelum anthu meledak saya juga penggemar anthu dan tahu harganya..
Dulu saya beli anakan jenmanii remaja seharga 50rb (kalau skrg mungkin 2-3 jt) dan ditawarkan indukannya seharga 450rb..
Bahkan ada jenmanii yang cukup “raksasa” yg mungkin kalau saat ini ditawarkan bisa 50 -100jt dulu cuma dihargai 800rb
Tetapi yang paling mengusik pikiran saya adalah gelombang cinta..
Saya masih ingat setiap sore saya lewat Jl Kebon Jeruk Raya tepat dipinggir jalan (trotoar) di depan sebuah ruko ada 1 pot gelombang cinta yang besar
Selama bertahun2 saya lewat, gelombang cinta itu tetap ada di sana.. nggak ada yang perduli dan nggak ada yang ambil..
Kemarin waktu anthurium booming, saya kehilangan pemandangan gelombang cinta tersebut..
Entahlah… apa itu dicuri atau dijual sama pemiliknya..
Yang pasti, sampai sekarang belum hilang perasaan kaget saya ketika tahu harganya menjadi belasan bahkan puluhan juta… kok bisaaaa????
So, kalau mau jujur… sesuatu yang tadinya dianggap nggak berharga sampai maling pun nggak noleh kemudian menjadi berjut-jut pastilah ada “sesuatu”nya…
Ada tangan2 kuat (baca : berduit) yang “merekayasa” dan terus terang saya salut : kok bisssaaaa???
Kemudian terbersit pikiran “nakal” saya… coba kalau “rekayasa” ini dipakai untuk skala dunia..
Misalnya pohon beringin… setiap penduduk Indonesia “disubsidi” dengan bibit pohon beringin lalu setelah siap direkayasa lah di dunia bahwa pohon beringin berharga jutaan (ribuan dollar)..
Kemudian berhasil, orang2 bule pada rame2 beli dari penduduk Indonesia pohon beringin seharga ribuan dollar bahkan yang variegata mencapai puluhan ribu dollar… wah pasti PDB kita bakal naik dan Indonesia menjadi makmur… apa bisaaa? yo mbuh… siapa tahu para pemain yg pinter “menyulap” harga ini bisa hehehe..
Daripada konglomerat dan orang2 berduit pada “bermain” di dalam negeri kenapa nggak “dimainkan” di tingkat global..
Kasihan kan kalau hansip dan tukang beca (ini contoh nyata) pada beli bibit2 gelombang cinta dengan angan2 nanti bisa dijual jutaan..
Mereka hanya orang2 awam yang tidak tahu “gila”nya dunia hobby (entah itu louhan, aglao, anthu atau beringin.. eh maaf, mohon diabaikan yg terakhir)

Wassalam,
Faza
~Maaf.. jenmanii, hookerii, gelcin dan corong saya tidak dijual… walaupun dengan harga berjut2..~

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

