Mengatasi Busuk Bonggol

January 23, 2008 at 2:37 pm | Posted in HAMA dan PENYAKIT | Leave a comment

Mengatasi Busuk Bonggol
oleh Bpk. Gede Sudarma

Pak Bowo,
Saya kemaren (malam Rabu) juga kena busuk bonggol. Tiara 8 dn dengan 2 taring tiba-tiba daunnya letoy. Begitu saya bongkar, bonggolnya sebelah sudah agak hitam seperti habis dimakan apa, gitu. Tanpa pikir panjang, Tiara tersebut saya potong sampai bekas hitamnya benar-benar habis. 5 daun terpaksa saya protoli supaya bonggolnya agak panjang. Baik ujung atas dan bonggol bawah bekas potongan saya cuci bersih, ‘luka’nya saya kerok pakai kuku, lalu saya olesi campuran jambe + kapur sirih + anti jamur, saya kering anginkan lalu saya tanam kembali. Kalau saja bukan bonggol Tiara mungkin sudah saya buang. Tapi karena ini Tiara, ada taring lagi 2 buah, akhirnya saya tanam lagi… Nggak tahu kayak apa nanti hasilnya.
Cuman saya punya pengalaman, menanam pucuk tanpa akar dan batangnya muda (Petita, Gading Mas, Kochin dan Tiara), hidup dan tumbuh akar banyak. Sementara pengalaman lainnya, kebanyakan yang gagal adalah karena ‘over-watering’, keseringan nyiram. Yang berhasil, seingat saya, tiap hari saya kabutin medianya dan tidak pernah mengguyur media selama kurang lebih 1-2 bulanan.

Salam,
Gede Sudarma

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

