Tanah untuk Media Aglao

January 19, 2008 at 10:10 am | Posted in MEDIA TANAM | Leave a comment

Tanah untuk Media Aglao
oleh Gede Sudarma

Saya sebetulnya masih coba-coba berdasarkan saran dari kawan-kawan. Tanah yang saya pakai adalah tanah ladang / sawah kering, yang warnanya kecoklatan (orang banyak menyebut sebagai tanah merah). Nggak pakai sterilisasi, langsung saya campur dengan media bekas (pakis, sekam bakar, kaliandra) langsung saya pakai. Kadang masih ada bekas akar rumput, daunnya dan kayu yang lapuk.
Kalau mau pakai coba dulu pakai aglo kecil yang murah-murah (DC, PoS, Butterfly).

Salam,
Gede Sudarma

Saya belum tahu hasilnya dalam jangka panjang Pak Mashudi karena saya baru mengaplikasikannya sekitar 3-4 bulan lalu. Aglonya nampak sehat-sehat (beda dengan saat pakai media lain), nggak ada akar yang kecoklatan atau busuk (kecuali saat sebelum penanaman memang sudah bermasalah).
Tapi harus dicoba-coba dulu. Saya sendiri pakai komposisi 50-70% tanah, sisanya pakis, sekam bakar, kaliandra (bekas media lama)… dicampur merata.

Salam,
Gede Sudarma

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

