Mengkilapkan Daun ala Bpk. Henry Biantoro

January 18, 2008 at 7:28 am | Posted in CARA BERTANAM DAN PERAWATAN | 2 Comments

Mengkilapkan Daun ala Bpk. Henry Biantoro
oleh Bpk. Henry Biantoro

Wah, wah, wah, saya bukan ahli apalagi mestro lho Jeng dan Mas.  Sudah sering saya katakan bahwa saya hanya bandel dan pakai metode saya sendiri, kalau hasilnya bagus saya gak bisa jawab kenapa. 

Untuk mengkilpakan daun, saya diajari oleh Mas Gatot untuk diseka (di lap secara merata) pakai larutan baby shampoo yang ringan (1 sendok teh per liter air) dengan menggunakan spon halus (seperti spon untuk bedak wanita).  Saya sudah coba dan hasilnya bagus serta tidak meninggalkan efek samping. 

Bedanya adalah: 

v       Kalau pakai baby shampoo, kesan glossy yang didapat adalah alamiah karena pada dasarnya daun aglaonema memang sedikit mengkilat.  Sebelum diseka kesan tersebut tidak/kurang nampak karena tertutup kotoran, pupuk daun  dan pestisida yang sering kita semprotkan.

v       Kalau pakai ampas kelapa, baby oil atau minyak pengkilap daun, kesan glossy nya didapat karena cairan tersebut memang mengkilat, sehingga tidak natural dan menurut saya malah nDeso (bukan kaya Thukul).  

Demikian pendapat saya Jeng dan Mas.  Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam AI,

Henry Biantoro

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. baby shampoo yang digunakan apa ya pak yang bagus?
    Saya ingin coba… Tapi ada efek sampingnya ga bagi daun aglo??

  2. makasih boi


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

