Media Tanam ala Gede Sudarma

January 18, 2008 at 2:49 pm | Posted in MEDIA TANAM | Leave a comment

Media Tanam ala Gede Sudarma
oleh Gede Sudarma

Media I:

Media saya mah apa aja asal cukup porous dan (sepertinya) harus ada unsur tanahnya dan ditentukan dengan kondisi cuaca dirumahnya atau dimana menaruh aglo. Media saya macem-macem, ada sekam bakar + sekam mentah + pakis + kaliandra atau sekam bakar + pakis + kaliandra atau sekam bakar + pakis atau pakis + kompos + sekam mentah, pokoknya kombinasi diantara semua itu… seadanya waktu mau menanam aglo.

Walaupun komposisi sama tapi terkadang kecepatan kering (menjadi lembab)nya berbeda-beda. Biasanya kalau begitu saya kurangi sekam bakar atau komposnya. Yang jelas, saya tidak lagi menggunakan pasir malang dalam komposis besar karena waktu penanganan aglo (repotting / menanam baru), kalau salah akarnya jadi memar-memar lalu busuk.

Salam,
Gede Sudarma

Media II:

Sejujurnya saya bilang, saya tidak pakai resep apa-apa. Saya belajar media dari aglo anakan yang saya beli, ada yang akarnya bagus ada juga yang rusak. Nah yang akarnya bagus tersebut saya kira-kira apa sih campuran medianya. Sampai akhirnya ketemu yang cukup baik (menurut ukuran saya) yaitu campuran pakis hancur (pakis tua yang mudah patah, panjang kira-kira 1cm-an) + sekam bakar + sekam mentah tua + kaliandra dengan perbandingan kira-kira saja yang penting porous, dari basah cepat jadi lembab dan lembabnya bertahan cukup lama. Untuk mempercepat proses dari basah menjadi lembab, pot saya lubangi disamping dan bawah… pokoknya kayak saringan. Nyiramnya juga dengan air sumur atau terkadang B1 + atonik dosis ringan saja. Jarang sekali pakai pupuk karena beberapa kali tanaman saya akarnya gosong karena pupuk. Kalaupun memupuk, saya hanya pakai 1/2 dosis saja. Nyiram tanamannya paling cepat 4 hari sekali (bisa juga 2 hari sekali permukaan medianya dikabutin supaya lembab) kadang sampai 1 minggu nggak saya siram tergantung cuaca dan penempatan aglonya. Tempat aglonya juga cukup panas (dihalaman rumah), ada angin dari exhaust fan kamar depan saja. Shading net 70% hanya pakai 1 lapis saja yang ternyata setelah dipasang masih cukup panas. Semua jenis kochin letoy kalau pas sinar terik, bahkan sampai tidur. Tapi sorenya balik lagi. Sedangkan jenis lokal full sinar. Saking panasnya, jenis njegrak seperti legacy aja bisa letoy. Mohon ini jangan dijadikan acuan. seharusnya lebih teduh lagi, yang penting sirkulasi angin bagus (angin yang mengalir, bukan mulek disitu-situ saja).
Seminggu sekali saat nyiram, semua daun saya guyur di pagi hari yang kira-kira bakal cerah supaya debunya hanyut. Habis diguyur, daun muda dan pucuk saya seka tissue supaya kering. Sebulan sekali saya lap pakai susu dancow cair encer, untuk melarutkan lemak yang nempel di permukaan daun dan kotoran yang membandel. Itu saja…
Sekali lagi ini hanya pedoman umum, selebihnya dicoba-coba sendiri supaya ketemu tuning yang pas.
Media juga sebetulnya bisa apa saja yang penting tidak mengalami pembusukan. Kalau mau jujur, tanah sawah juga bagus.
Yang perlu diperhatikan adalah saat menanam pertama kali (repotting), akar harus diatur supaya nggak saling numpuk dan pakai media kering (jangan basah supaya nggak menggumpal.

Saya sendiri sampai hari ini juga masih belajar dan coba-coba media, terutama untuk menghindari busuk akar-busuk bonggol. karena jenis media juga terkait dengan intensitas penyiraman dan kondisi lingkungan dimana kira menaruh aglo (cuaca, angin, kebersihan, dlsb).

Mudah-mudahan ada manfaatnya. Kurang lebihnya ya mohon dikoreksi…

Salam AI,
Gede Sudarma

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

