Batu apung untuk Media Tanam

January 18, 2008 at 1:30 pm | Posted in MEDIA TANAM | 1 Comment

Batu apung untuk Media Tanam
oleh Untari Retno W

Dear Friends…
Dari sifat-sifat batu apung, mungkin yang bisa dimanfaatkan adalah sifat fisik batuannya yang ringan, berpori, mampu meluluskan air, dan material penyusunnya tidak mudah larut/lapuk. Sifat fisik ini cukup ideal bila dimanfaatkan sebagai media tanam ala hidroponik, atau sebagai campuran media pengganti pasir malang.

Disisi lain kandungan kimia batu apung terlihat menjanjikan, namun tidak dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Hal ini sehubungan dengan sifat mineral penyusun batu apung yang resistent terhadap pelapukan atau sulit terionisasi. Padahal tanaman menyerap unsur hara dalam bentuk ion-ion (kation maupun anion).

Saya ingat pernah nimbrung crito antara Suami dengan Mas Sulastomo tentang daerah Nglipar, Wonosari. Disana ditunjukan ada batuan yang kaya akan batu apung (istilah geologinya formasi Semilir yang kaya “pumice”). Betul kan Mas Tomo ? Daerah dimana formasi Semilir berada, lapisan tanahnya tipis (bukti sulit lapuk) dan tanaman di atasnya kurang subur (bukti kekurangan hara).

Saya pernah mencoba media tanam adenium dari batu apung semua. Cukup bagus, terlihat bersih, ringan, dan artistik, tapi harus sering disiram air dan pupuk. Kendalanya adalah sulit mencari batu apung dalam jumlah banyak yang berukuran pasir. Mungkin ini bisa jadi peluang bisnis baru …..

Salam
Thari Wie
http://www.omahijo.com

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kebetulan sy sedang meneliti batuan yang mengandung bt apung(istilah geologi breksi pumis,terutama karakteristiknya,sy tertarik dengan apa yang disampaikan anda,tp batu tersebut ga sepenuhnya pumice smua,kandungan pumice nya pun bervariasi tapi ada yang mencapai 80%, didaerah terebt juga telah banyak tmbang,tapi pemanfaatannya kurang maksimal,hanya sebagai bahan bangunan saja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: