Ramuan Pestisida Nabati

March 10, 2009 at 3:33 pm | Posted in HAMA dan PENYAKIT | 24 Comments
Tags:

RAMUAN PESTISIDA NABATI
Oleh. Koswara Wijaya, Ir.

1) Untuk Mengendalikan Hama secara Umum Bahan:
- Daun Mimba : 8 kg
- Lengkuas : 6 kg
- Serai : 6 kg
- Diterjen/Sabun Colek : 20 kg
- Air : 80 liter
Cara Membuat
Daun mimba, lengkuas dan semi ditumbuk halus dicampur dengan diterjen/sabun colek
lalu tambahkan 20 liter air diaduk sampai merata. Direndam selama 24 jam kemudian
saring dengan kain halus. Larutan akhir encerkan dengan 60 liter air. Larutan tersebut
disemprotkan pads tanaman untuk luasan 1 hektar.

2) Untuk Mengendalikan Hama Trips pada Cabai
Bahan
- Daun Sirsak 50 – 100 lembar
- Deterjen/Sabun Colek 15 gr.
- Air 5 liter.
Cara Membuat
- Daun sirsak ditumbuk halus dicampur dengan 5 liter air.
- Direndam selama 24 jam, saying dengan kain halus.
- Setiap liter Iarutan dapat diencerkan dengan 10 – 15 liter air.
- Aplikasi dengan menyemprotkan larutan tersebut pada seluruh bagian tanaman yang
ada hamanya.

3) Ramuan untuk Mengendalikan Hama Belalang dan Ulat.
Bahan
- Daun Sirsak 50 lembar
- Daun Tembakau satu genggam
- Deterjen/Sabun Colek 20 gr.
- Air 20 liter.
Cara membuat
- Daun sirsak dan tembakau ditumbuk halus. Tambahkan deterjen/sabun colek aduk
dengan 20 liter air, endapkan 24 jam.
- Disaring dengan kain halus dan diencerkan dengan 50 – 60 liter air, aplikasi dengan cara
disemprotkan.

Sumber: http://209.85.175.132/search?q=cache:a1cZbIlWtEIJ:www.pustaka-deptan.go.id/agritek/jwbr0207.pdf+pestisida+nabati&hl=id&ct=clnk&cd=1&gl=id

Referensi yang lain : http://anekaplanta.wordpress.com/2008/01/09/campuran-daun-mimba-dan-umbi-gadung-sebagai-pestisida-nabati/

About these ads

24 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Salam dari Buitenzorg
    mas Tomo, mau tanya daun mimba itu nama yang familier apa ?
    Matur nuwun.
    Informasinya sangat berguna

  2. Wah saya kurang tahu nama umumnya Pak Prawoto,
    dari refernsi yang ada sbb:
    c.Nama daerah
    Jawa : Imba, Mimba
    Madura : Membha, Mempheuh
    Bali : Intaran, Mimba
    Inggris/Belanda : Margosier, Margosatree, Neem tree (Heyne, 1987)

    Ciri detilnya mungkin bisa dibaca di sini Pak http://ccrcfarmasiugm.wordpress.com/ensiklopedia-tanaman-anti-kanker/d/daun-mimba/

    Kalau gambarnya ada di attachment file [taken from http://anekaplanta.wordpress.com/2008/01/09/campuran-daun-mimba-dan-umbi-gadung-sebagai-pestisida-nabati/%5D

    salam,

    tomo

  3. Salam dari Buitenzorg
    mas Tomo, meskipun sudah dibantu ama gambar potrek pohon mimba, kok saya mingsih merasa asing yo.
    Padahal angsli saya ya dari Oslo, tapi ya gak papa, nanti tak cari.
    Nyang jelas inponya sangat bermanpaat. Biar gak dimarahi ama habib Faries, kalo make pestisida kimia.
    Tapinya, kata teh yeyen, sarua bae antara pestisida kimia ama nyang non kimiawi, bener gak teh.
    Teuing ah, abdi mah awam soal ginian.

  4. Dear Mas.Tomo,

    Lha kok buanyak banget campurannya mas. kalau sudah jadi saya coba satu liter saja Kandang aglao qu kan mungillll. Tararengqiu

    Salam jamu aglao, pakde poer

  5. kayake tadi takarannya untuk satu milis pak Dhe, jadi satu orang yang bikin terus dibagi-bagi :D

    Coba nati kalau di rumah Jogja saya nemu mimbanya tak cubak racik beberapa, lumayan bisa untuk menghemat ongkos beli pestisida.

    salam,
    tomo

  6. Sip ikutan antree ya jangan sampai keduluan Unie Awie. Daun Mimba itu apa ya mas?. Saya juga orang Jogja belum pernah dengar apalagi lihat daun mimba…daun Timba…alias ember…atawa mimbar ..buat pidato atawa tumbar…atawa Mendho hin hi hi hi alias Wedhus
    Salam Wedhus, pakde poer

  7. maaf tanya daun MIMBA seperti apa ya, kalo tidak tersedia apa bisa diganti?, Tks

  8. Daun Nimba itu daun mindi mas prawoto … dulu pernah jadi bahan gegeran karena katanya berkhasiat buat obat sampe banyak orang yg makanin tuh daun..

    salam

    anton

  9. Kalu daun mindi asing nda pakde woto (nda berani manggil mas.. lha anak’e wae wis gueeedeee ) .. dulu banyak diuber2 ama ibu soale katanya mengandung khasiat buat pengobatan , walau kemudian ternyata salah ..hehehehehehehe

    Saya juga lagi nyoba buat neeh .. kebetulan waktu beli EM 4 ada brosur berisi panduan cara2 bikin Bokashi , trus pupuk cair , trus EM5 (pestisida) .. kebetulang di rumah nda tega pake yg kimia , takut si kribo .. aglao..eeehh kesayanganku pegang2 tanaman yg baru disemprot .. takut napa2 .. jadi pas nemu , trus ternyata bahan dan cara2nya nda rumit , ya saya coba .. hasilnya seh belum tau ..

    mungkin cuma masalah psikologis saja .. cuma krn bahan yg dipake cuma bumbu dapur , kayak bawang merah putih , jahe , kunyit , lengkuwas dll .. kayak’e sih lebih safe buat si kribo .. apakah nanti efektif buat taneman … mbuh .. tapi krn dalam skala prioritas si kribo is number one .. jadi aglaopun kudu ngalah .. wakakakakakakak..

    salam

    anton

  10. Salam dari Buitenzorg
    kang Anton, saya juga lagi cubak-cubak (ambil istilahnya mbah GK, boleh nggih mbah, minta ijin nich) mbikin media yang berbau organik.
    Di rumah ada komposter, terbuat dari bekas tong bahan kimia terbuat dari plastik.
    Di bawah tak kasih lubang (diberi kran) gunanya untuk menampung air (lindi). Air ini tak siramken ke aglo.
    Selama ini, cara penyiraman saya, setiap kumendan bikin nasi, air bekas cuci beras tak pake nyiram. Seminggu sekali, tak siram pakai air lindi. Aglo tak hujan-hujanke.
    Kalo lagi kering tidak ada hujan baru tak siram pakai air PAM (seminggu sekali, basah). Kalo ndak ya, tak kabut-kabut aja.
    Media, awalnya pernah pakai pakis. Karena disemprit ama Habib Faries, udah gak pake lagi. Ganti media van pengasinan. Berhubung media yang dalam komposter udah pinuh, ya tak keluarken. Tak pakai.
    Pot tak bolongi pakai bor, sehingga lubangnya loba (banyak, bukan entok atau bebek).
    Bahan media yang tak fermentasi cem-macem, ada daun-daun bekas mangkas pohon, ada wortel sisa2 dapur kumendan, ada buncis.
    Nanti (bentar lagi tak postingnya komposterku ya). Lagi dicari filenya

  11. Om anton, Mimba dan Mindi itu tanaman yang berbeda, kedua2nya memang bisa digunakan sebagai insektisida nabati, hanya saja mimba lebih beracun daripada mindi. MImba nama latinnya Azadirachta indica, dan mindi nama latinnya Melia azedarach. Keduanya dari family Meliaceae.. sodaraan sama Mahoni. Keduanya Sama2 mengandung senyawa protein beracun bernama Azadirachtin..

    Membedakan keduanya mudah, cukup dilihat warna daunnya, warna daun mimba hijau gelap, sedangkan mindi hijau cerah. Daun mimba lebih bergerigi daripada mindi. WSarna bunga mimba ungu, kalo mindi ungu putih.

    Di rumah Om GP ada satu pohon Mindi kalo ga salah.. sudah sangat besar pohonnya.

  12. Betul Aqee….daun mimba itu daun obat…..terutama buat darah tinggi…dan membersihkan pembuluh darah (?)….teteh sekali kali suka minum rebusannya…rasanya pahit.

    Buat pak De Poer atau siapa saja yang memang minat untuk membuat pestisda Nabati….dan kesulitan mendapat daun mimba……mungkin teteh bisa nolong. Asal jangan minta 1 truk aja….itu mah mau di komersialkan namanya….hehehehehe. Kebetulan adik teteh di Sumedang punya pohonnya.

    Kang Dodi Andreas kalo ke Sumedang…..mungkin bersedia mampir kerumah adik teteh….hehehehe.

    Salam,
    Yenni

  13. Teh Yeni
    Abdi, ndaftar nomor urut hiji (contreng ya)

  14. teh yenni, tanjung sari -sumedang na dipalih mana ?
    kalau ngga ada halangan sih bulan april abis pemilu kesana lagi,
    kemarin baru dari bandung sih, meuni macet pisan.
    nama lokalnya apa ya? mungkin di cimenyan ada. pan dari rumah tinggal naik dikit.

    salam
    &

  15. Rekans…ada yang minat/perlu …daun mimba ?

    Kang Dodi….Tanjungsarinya …di jalan Manco…..kalo menuju Sumedang…lewat alun2 ada pangkalan ojek sebelah kanan. Belokan kearah Pasir jambu. Ga jauh koq dari jalan besar. Kata adik teteh di Pasir Banteng juga banyak…malahan jual bibitannya.
    Kalo udah positif mau pergi..kasih tau teteh lagi ya.

    Hatur nuhun,

    Yenni

  16. Saya pesen teh… kalu bisa satu truk sekalian , biar bisa saya jual ke pakde woto.. dan sekaligus menguasai pasar daun nimba.. prospeknya cerah tuh .. dah gitu teteh bisa buka seminar atau workshop pembuatan pestisida organik .. wekekekekekekekekekeke

    salam

    anton

  17. Mau daun mimba kok repot2.. ke rumah ketum AI aja… di sana ada pohonnya, hampir segede rumahnya (wah kalo ini berlebihan hehehehhee)

  18. dirumah ortu-ku juga ada. di jogja tepatnya di bantul. terakhir lebaran kemaren masih ada, mudah2an belum ditebang

  19. pesen pesen pesen.. masih dalam rangka menguasai market daun nimba neeh… kalu liat banyaknya yang mau bikin pestisida alami , kayaknya bener2 berprospek cerah kalu nyetok dari sekarang .. mbak kalu pohonnya .. dijual nda ya mba..

    salam

    anton

  20. Halo Bos, saya pingin tanya, apakah resep di web ini boleh dikopipaste ? Gimana pula mengatasi hama yg nyerang tanaman pisang (busuk batang), tunas mengecil mlungker, pelepah berbercak-bercak cokelat (merah). Tanaman pisangku tewas semua oleh hama ini. Tolongin dong Bos. Kalo bisa pakai pestisida nabati.
    Matur nuwun ya.

    • silahkan di kopi paste pak resepnya….
      mudah-mudahan bermanfaat

  21. halo gending wening tyas, mbantulmu di mana ? aku orang mbantul juga nih. siapa tahu aku bisa ke rumahmu minta daun mimba.

  22. Kerumah Gending mau minta “mimba apa mimba” he…heee

  23. daun mimba kalo di medan namanya apa ya pak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: