Teknik Perbanyakan Aglaonema ala Bu Tharie Wie

January 21, 2008 at 3:12 pm | Posted in PERBANYAKAN AGLAONEMA | 1 Comment

Teknik Perbanyakan Aglaonema ala Bu Tharie Wie
oleh Ibu Tharie Wie

Apa khabar rekan-rekan..?
Lama tak muncul, milis kita kian oke saja..
Tertarik dengan subject mengenai teknik perbanyakan aglao, saya mencoba bagi pengalaman yach…
Sedikit tambahan saja utk apa yang telah diberikan rekans yang lain…

Pertunasan merupakan fungsi dari faktor internal (genetik) dan external (lingkungan). Sebagai grower, mungkin faktor internal-genetik dapat dianggap sebagai uncontrollable. Namun ada beberapa faktor internal yang dapat diakali dengan pemberian hormon asal exogenous.
Teori yang umum berlaku, selama masih dalam pengaruh “apical dominance” tunas samping tidak akan tumbuh. Pertanyaannya bagaimana menghilangkan pengaruh dominansi pucuk tersebut ? Notabene bagaimana memperkecil pengaruh hormon auksin di pucuk.
Ada teori yang mengatakan, beberapa faktor eksternal yang operatip terhadap pertumbuhan tunas, antara lain masukan cahaya yang cukup, cahaya yang mengenai ujung sampai dasar, temperatur, kecukupan air dan mineral terutama nitrogen, serta pemangkasan. Pertanyaannya kemudian adalah membuat aglao tahan terkena cahaya dan panas ? Bukankah cahaya justru akan meningkatkan jumlah auksin ?

Berangkat dari teori tersebut saya coba melakukan “treatment” pada 5 lipstik (3 – 4 daun) dan 3 heng-heng (4 daun). Alasan pemilihan semata-mata pada harga yang murah saja. Mengapa hanya delapan, karena hanya itu yang saya punya. Ke 8 aglao tersebut saya semprot dengan “ETHREL”, suatu merk dagang ZPT produk Bayer dengan kandungan aktip “ethepon”. ZPT tersebut, gampang diperoleh, murah (di toko Tani Maju Rp 23.000,- per botol).
Pada label disebutkan, ETHREL digunakan agar buah matang pohon secara serentak, serta menurunkan pertumbuhan vegetatip. Seperti jenis hormon ABA lainnya, ethepon dikatakan mampu mempengaruhi kinerja auksin. Dan yang menggembirakan, ABA juga diyakini sebagai pemicu pengendalian stomata. Lebih jauh da artikel dari Univ. Florida yang mengatakan, penyemprotan ABA akan membuat “foliage plant” lebih tahan cahaya, kekeringan dan temperatur tinggi.

Nah …. Impian saya menghambat dominansi pucuk dan membuat aglao tahan panas saat terkena sinar matahari dapat dipenuhi ETHREL (maaf jangan dianggap iklan).
Dalam praktek, pemberian ETHREL selama 2 bulan ditambah pemberian pupuk N tinggi (20-15-20) membuat lipstik mengeluarkan tunas 3 – 4 mata tunas. Heng-heng maksimal 3 tunas. Dan yang jelas aglao tersebut tahan panas meski mendapat cahaya matahari langsung selama 3 jam (pk. 12.00 s/d 15.00).
Saya belum melakukan uji statistik atas perlakuan di atas. Apakah memang pengaruh genetik atau pengaruh ETHREL. Namun pemberian ETHREL kelihatannya cukup menjanjikan. Sayang lahan terbatas ……..
Semoga bermanfaat

Thari Wie

About these ads

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ibu Thari , salam kenal..saya pemula di aglonema, namun belakangan ini saya tertarik..utk budi daya..tujuan nya agar saya mendapatkan penghasilan sampingan. Saya baru bergabung di Milis ini.

    Tentang perbanyakan ini apakah ibu ada informasi dasar yang bisa saya pelajari?

    terima kasih
    J.Karjatno


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: